Agen property
Pihak atau orang yang menjembatani antara penjual dan pembeli properti, pada dasarnya agen properti ada yang tergabung dalam sebuah kantor agen properti ataupun individu.

Agunan (collateral)
Aset milik peminjam yang diberikan kepada pihak bank, aset tersebut nantinya akan menjadi milik bank jika peminjam gagal untuk membayar cicilan. Dalam skema pengajuan KPR biasanya agunan yang diberikan kepada bank adalah sertifikat tanah.

AJB
Akta Jual Beli. AJB Merupakan surat keterangan bahwa satu properti sudah dipindahtangankan dari satu pihak ke pihak lain karena aktivitas jual beli.

Arsitek
sebuah profesi yang membuat gambar desain bangunan agar indah dan nyaman digunakan.

BBN
Bea Balik Nama. Biaya ini dibutuhkan dalam mengganti nama kepemilikan suatu properti.

BPHTB
Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan merupakan pajak yang dikenakan kepada pembeli properti (tanah, rumah, apartemen, ruko dan lain-lain).

BPN
Badan Pertanahan Nasional.

Broker
Pihak atau orang yang menjembatani antara pembeli/investor dengan penjual. Broker properti mendapat keuntungan dari hasil komisi yang telah disepakati.

Bunga mengambang (Floating rate)
Suku bunga dengan besaran yang berbeda, penentuan suku bunga ini berdasarkan Bank Indonesia.

Cluster
Suatu lingkungan tempat tinggal dimana terdapat beberapa bangunan rumah tapak yang memiliki konsep, bentuk, dan ukuran sama. Cluster biasanya juga dilengkapi oleh fasilitas one gate system.

Developer
Pihak (bisa berupa satu perusahaan atau badan) yang membangun suatu areal properti. Tidak terbatas hanya membangun perumahan, developer juga turut membangun kawasan niaga atau komersial seperti ruko juga gedung kantor.

Down Payment
Uang muka. Biasanya diasosiasikan sebagai tanda jadi atau tanda keseriusan seseorang dalam membeli atau menyewa properti.

Fasos
Fasilitas yang dibuat oleh pemerintah atau pihak swasta guna dimanfaatkan oleh masyarakat umum dalam lingkungan pemukiman. Contohnya yakni puskemas, klinik, sekolah, tempat ibadah, pasar, tempat rekreasi, taman bermain, tempat olahraga, ruang serbaguna, makam, dsb.

Fasum
Fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat umum. Contohnya yakni jalan raya, angkutan umum, saluran air, jembatan, halte, alat penerangan umum, jaringan listrik, trotoar, tempat pembuangan sampah, dan lain sebagainya.

FLPP
Fasilitas Likuiditas Pembiayan Perumahan merupakan program yang dialakukan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dengan program ini maka Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dapat meminjam KPR dengan bunga yang terjangkau.

Girik / letter C
Keterangan bukti penguasaan atas tanah namun bukan tanda bukti kepemilikan hak atas tanah. Dibuktikan dengan pembayaran pajak atas tanah.

HGB
Hak Guna Bangunan adalah sertifikat atau kewenangan yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan untuk mengelola sebuah lahan untuk dikelola oleh pengembang. Berbeda dengan SHM, untuk sertifikat jenis ini masa berlakunya harus diperpanjang jika memasuki masa 30 tahun. dengan masa perpanjangan maksimal 20 tahun.

HGU
Hak Guna Usaha adalah hak yang diberikan kepada seseorang untuk melakukan kegiatan peternakan, perikanan serta perkebunan di atas tanah negara. Beda HGU dengan Hak Sewa ialah HGU hanya diterbitkan khusus untuk bisnis peternakan, perikanan dan juga perkebunan dengan luas lahan minimal 5 hektar.

HPL
Hak menguasai dan mengolah tanah atau lahan yang dimiliki oleh negara, pemilik hak juga bisa menyerahkan kepada pihak ketiga untuk bersama-sama mengolah lahan.

IMB
Izin Mendirikan Bangunan. Diberikan kepada perorangan atau badan hukum sebagai landasan pelaksanaan kegiatan pembangunan properti.

Indent
Sistem pembelian dengan cara menunggu terlebih dahulu. Jika dalam pembelian properti, maka buyer harus menunggu hingga properti yang dibeli siap huni.

Investor
Pembeli properti dengan motivasi untuik mencari keuntungan bukan untuk ditinggali. Biasanya investor properti akan mendapat keuntungan dari properti yang ia sewakan atau dijual kembali.

IPB
Izin Penggunaaan Bangunan. Yaitu izin yang diberikan kepada perorangan atau badan hukum setelah pembangunan properti selesai sesuai IMB serta telah memenuhi syarat fungsi perlengkapan bangunan.

KPA
Kredit konsumen yang disediakan oleh bank dan memiliki tujuan khusus yakni untuk pembelian apartemen.

KPR
Kredit konsumen yang disediakan oleh bank dan memiliki tujuan khusus yakni untuk pembelian rumah.

KPR Informal
KPR Informal merupakan skema kredit yang disediakan oleh bank untuk mereka para pekerja non formal seperti wiraswastawan.

Masterplan
Rencana dan kerangka pengembangan jangka panjang dari suatu proyek yang ada di suatu wilayah.

NJOP
Nilai Jual Objek Pajak, yakni harga terendah atas sebuah properti. NJOP juga dimaknai sebagai nilai dasar pengenaan pajak bagi PBB yang ditetapkan negara.

Notaris
Pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan lainnya.

NPWP
Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP berfungsi sebagai identitas seseorang dalam hal kewajiban dan hak pada bidang pajak.

NUP
Nomor Urut Pemesanan adalah nomor urut yang diberikan kepada calon pembeli, untuk memilih unit rumah atau apartemen. yang baru dilaunching.

PBB
Pajak Bumi dan Bangunan adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap bumi dan atau bangunan sebuah pajak yang bersifat kebendaan, artinya pajak terutang ditentukan oleh keadaan objek yaitu bumi/tanah dan atau bangunan.

PPAT
Pejabat Pembuat Akta Tanah adalah pejabat umum yang diberikan kewenangan untuk membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun.

PPh
Pajak Perolehan penghasilan, yakni pajak yang dikenakan terhadap subjek pajak terkait penghasilan yang diterima dalam tahun periode pajak.

PPJB
Perjanjian pengikatan jual beli ialah perjanjian awal antara penjual dan pembeli sebuah properti. PPJB bersifat bawah tangan dan tidak melibatkan notaris atau PPAT.

PPN
Pajak Pertambahan Nilai adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah atas sebuah transaksi jual beli dan berlaku untuk segala jenis jual beli, baik yang dilakukan oleh perseorangan ataupun badan.

SHGB
Sertifikat Hak Guna Bangunan adalah kewenanangan untuk mengolah sebuah lahan yang diberikan oleh pemerintah atau satu pihak untuk digunakan hingga 30 tahun dan dapat diperpanjang kembali hingga maksimal 20 tahun.

SHM
Suatu pernyataan legalitas mengenai kepemilikan seseorang terhadap satu properti (misal: Rumah, Tanah atau Ruko). SHM juga dikenal masyarakat luas sebagai legalitas tertinggi dalam kepemilikan. Karena dengan adanya SHM, maka itu berarti tidak ada lagi campur tangan orang lain selain yang namanya tertulis dalam surat.

SPPT
Surat Pemberitahuan Pajak Terutang. Yakni surat keputusan kepala KPP mengenai pajak terutang yang harus dibayar dalam satu tahun pajak.

Tenor
Jangka waktu pembayaran cicilan kredit.

0 Komentar